Tempat Wisata dan Kuliner di Salatiga

12/27/2016

Goa Rong View

Goa Rong



Daripada gunung tempat wisata ini lebih tepat disebut bukit walau sebagian orang menyebut juga Goa Rong karena sungguh ada sebuah goa yang letaknya tak jauh dari tempat wisata ini.

Keberadaan wisata ini tergolong masih baru dan belum banyak dikenal orang. Bahkan untuk menuju ke lokasi pun , tidak banyak papan penunjuk arah dari jalan raya. Sehingga cukup membingungkan untuk menuju ke tempat ini. Padahal tempat ini hanya berjarak sekitar 4 km dari Jl.Semarang-Solo. Atau sekitar 20 menit dari jalan raya. Karena itu bisa di katakan tempat ini masih cukup alami terlepas dengan pembangunan yang saat ini sedang gencar-gencarnya di giatkan di obyek wisata ini.

Goa Rong adalah sebuah tempat wisata yang terletak didesa Delik, Kecamatan Tuntang , Kabupaten Semarang. Konsep dari tempat wisata ini seperti obyek wisata Ketep di Magelang. Obyek wisata ini terletak di atas puncak sebuah bukit yang berada ditengah perkebunan karet di ketinggian 690 meter dari permukaan laut. Di atas puncak bukit ini dibangunlah beberapa gardu pandang , gazebo, dan saung. Dan walau tak setinggi Ketep Pass , pemandangan yang di sajikan pun tak kalah dengan obyek wisata lainnya. barangkali ini yang menjadi daya tarik dari obyek wisata yang satu ini.
Dari gardu pandang ini pengunjung bisa menyaksikan Rawa Pening secara keseluruhan lengkap dengan segala aktivitasnya. Prahu-prahu dan aktifitas nelayannya yang sedang mencari ikan begitu kecil terlihat di depan mata. Dibelakang Rawa Pening berdiri gunung Merbabu , Telomoyo , dan Andong. Disebelahnya gunung kembar Sindoro dan Sumbing tampak kokoh dan indah. Sementara di sisi timur gunung Ungaran dan gunung Kendalisodo melengkapi pemandangan mata yang mempesona ini.

Keseluruhan semua ini membentuk lukisan alam yang membuat mata tak kan jenuh memandangnya..bila cuaca cerah puncak-puncak gunung ini dapat terlihat jelas. Di kejauhan kota Ambarawa tampak begitu kecil diantara gunung-gunung ini. Sayang sekali di tempat ini tak tersedia teropong untuk melihat pemandangan dengan lebih jelas.

Sebuah cafe dibangun tak jauh dari gardu pkamung. kamu dapat memesan makanan di cafe ini. Beragam menu makanan dan minuman disediakan di sini dengan harga mulai Rp 10000 sampai 50.000. Tentunya menunya pun layak spesial. kamu bisa membawa makanan ini di gardu pkamung atau di saung-saung yang telah di sediakan di sekitar obyek wisata. Di gardu pkamung pun telah disediakan kursi dan meja untuk pengunjung. Makan makanan sambil menikmati pemkamungan alam yang indah tentunya merupakan sesuatu yang jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari.
Rimbunnya pohon yang tumbuh di sekitar lokasi menambah sejuknya suasana. Tak heran di sekitar obyek wisata banyak dijumpai pasangan muda-mudi tengah memadu kasih. Jadi bagi kamu yang jomblo , jangan datang sendirian ke tempat ini karena kamu bisa gigit jari melihat kemesraan mereka-mereka yang sedang berpacaran...hehehe. Bagi kamu yang membawa anak kecil , di sekitar lokasi pun tersedia layak banyak permainan. Mulai dari ayunan , jungkit-jungkitan , perosotan dan masih banyak lagi. Pokoknya saya jamin anak kamu bakalan betah berlama-lama di sini.
Bagi kamu yang muslim , terdapat sebuah mushola yang dibangun tepat dibawah gardu pkamung. Yang istimewa dari mushola ini adalah dinding mushola yang menghadap kiblat ini terbuat dari kaca tembus pkamung sehingga pemkamungan rawa pening terlihat tepat di depan mata kita saat sholat...subhanallah...sungguh pengalaman yang tidak terlupakan ketika sholat menghadap kiblat yang langsung menghadap ke arah pemkamungan yang indah ini. Obyek wisata yang rekomend banget bagi semua kalangan.
Dan tentunya penamaan goa rong sendiri merujuk pada sebuah goa yang terletak tak jauh dari puncak bukit. Sebenarnya Goa ini terletak diatas jalan saat kamu menuju puncak Gunung Rong.Tak banyak yang tahu hal ini dan menganggap lebih dekat lewat puncak bukit. Padahal untuk menuju ke Goa Rong dari puncak bukit ini bukan perkara yang mudah. Karena jalan yang dilalui untuk menuju goa ini layak curam dan terjal. Tetapi saat ini jalan berundak terbuat dari beton  telah dibuat untuk menuju lokasi goa. Jalan ini terletak di belakang kafe menuruni bukit yang terjal meski telah di buat jalan dari beton. Tapi kamu tidak akan bosan karena dalam perjalanan menuju lokasi Goa Rong kamu akan disajikan dengan pemkamungan yang luas kearah utara.
Goa Rong konon merupakan goa yang di buat oleh tentara jepang pada masa penjajahan jepang. Memang pada masa penjajahan jepang , para tentara nippon ini suka sekali membuat goa-goa di tempat-tempat tinggi. Fungsi goa ini selain sebagai tempat pengintaian , juga berfungsi sebagai bunker dan markas. Salah satu goa yang sampai sekarang masih eksis adalah Goa Rong ini.
kamu hanya perlu berjalan sekitar 200 meter dan kamupun tiba di lokasi goa yang berada pada ketinggian 703 meter dari permukaan laut. Kesan angker terasa begitu sampai di goa. Rimbunnya pohon yang menutupi sekitar goa membuat kesan ini bertambah. Mulut goa pun tertutup oleh batu besar membuat pintu masuk goa terbagi menjadi dua. Awalnya pintu goa layak lebar untuk di masuki manusia kemudian menyempit hingga memaksa siapapun yang hendak masuk untuk merangkak. Jadi bagi kamu yang ingin mendekat kamu harus sedikit berjuang.  
Benar-benar tempat yang menarik bukan kawan....untuk menuju lokasi wisata yang satu ini banyak jalur yang bisa dilewati. Dari pertigaan bawen ambil arah solo, setelah melewati jembatan tuntang ada pertigaan pos polisi ambil arah kiri ikuti jalan sampai di lapangan delik/TLOGO ambil arah lurus kira-kira 200m ada pertigaan ambil kanan sampai ujung jalan ambil arah kanan lagi di sekitar area ada papan yang menunjukan rute bukit rong berada. 
Untuk jalur yang lebih dekat kamu bisa lewat Lopait. Dari pertigaan bawen ambil arah ke solo , sesampainya di Rawa Permai maju sedikit , di depan toko indomaret yang berada di kanan jalan , terdapat sebuah gang dengan gapura bertuliskan desa lopait.
Masuk ke gang ini , sesampainya di kantor Kepala Desa Lopait terdapat pertigaan jalan. Belok ke kiri di pertigaan ini , dan terus ikuti jalan ini dan jangan berbelok. Setelah sampai di daerah perkebunan karet , disini carilah papan penunjuk arah di sebuah pertigaan jalan ambil ke kiri  dan tak berapa lama kemudian kamu pun sampai di gapura masuk wisata Goa Rong. Dari gapura berwarna hijau yang terbuat dari bamboo ini , kamu akan menemui pos penjagaan yang juga berfungsi sebagai loket pembelian karcis masuk obyek wisata. 
Di sini kamu harus berhenti dan membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000. nah lho…murah khannn? Untuk menuju puncak bukit kamu masih harus menempuh jarak 1Km lebih 200 meter melewati jalan menanjak dan berkelok. Di beberapa titik kamu akan berhenti karena pemkamungan yang disajikan benar benar memukau.beberapa saat kemudian tak sampai 15 menit kamu pun akan sampai di puncak bukit yang memiliki ketinggian 703 meter dari permukaan laut. Jika kamu masih bingung lihat peta di bawah ini.

No comments:

Post a Comment