Tempat Wisata dan Kuliner di Salatiga

12/27/2016

Stasiun Bringin , Peninggalan Jejak Kolinial di Tanah Jawa

Stasiun Bringin

Stasiun Bringin adalah bangunan kuno pada zaman penjajahan belanda, stasiun ini telah mati sekitar 40 tahunan lebih.Stasiun Bringin (BGN) merupakan stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Bringin, Kabupaten Semarang. Stasiun ini terletak pada wilayah Daerah Operasi IV Semarang. Sejak robohnya

jembatan kereta api yang menghubungkan Kedungjatidengan Ambarawa, praktis stasiun dan jalur ini ditutup pada tahun 1976.
Stasiun ini dulu merupakan stasiun ramai karena berada tak jauh dari Pasar Bringin. Saat ini stasiun dan rumah dinas kepala stasiun ini menjadi sarang burung walet. Bangunan-bangunan pun dibangun sembarangan di area sekitar stasiun yang terbuat dari kayu jati ini. Papan nama stasiun ini pun sudah lama hilang. Bangunan utama stasiun ditutup dengan semen,dan bekas tuas penggerak wesel pun berkarat.
Saat ini bangunan stasiun ini sedang dirombak, karena Jalur kereta api Kedungjati-Ambarawa sedang dibangun kembali. Rencananya stasiun dan jalur ini sudah bisa dioperasikan kembali dan dilewati kereta api lagi setelah 40 tahun mati suri.Kini 40 tahun sudah jalur tersebut  tak terawatt dan meninggalkan banyak infrastruktur kereta api yang menjadi saksi bisu betapa ramainya jalur tersebut dimasa lalu.

kini stasiun bringin masih mangkrak pada pengerjaannya sejak 2014, belum tahu kapan stasiun ini dapat aktif kembali, bangunan kuno stasiun ini juga tak kalah luput sebagai tempat wisata di salatiga dan kabupaten di sekitarnya.

Stasiun Bringin Menjadi tempat hits bagi kalian para anak muda maupun remaja untuk hunting foto.

No comments:

Post a Comment