Tempat Wisata dan Kuliner di Salatiga

6/17/2019

Taman Bermain Terbesar Di Jawa Tengah, SALOKA THEME PARK

Saloka Theme Park


Saloka Theme Park ialah Taman rekreasi dan wisata keluarga terbesar di Jawa Tengah yakni Saloka Theme Park dibuka pada tahun 2019 ini. Wahana bermain Saloka Themepark ini berada di kawasan sekitar Rawa Pening,
di Kabupaten Semarang tepatnya di Jl Fatmawati 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.
Saloka sendiri mempunyai 5 zona tematik dan lebih dari 25 wahana diantaranya adalah Eco Wisata Angon Ingon, galileo dan Agro Wisata Ojo Royo Royo berada dilahan seluas 18 hektar ini.



Lokasinya mudah dijangkau, dari exit tol bawen tinggal naik dikit sekitar 3km posisi di kanan jalan arah salatiga kota. Lokasi parkiran cukup jauh dari pintu masuk, tp sudah disediakan shuttle bus yg siap mengantar dari tempat parkir ke pintu masuk. Loket cuma disediakan 2, jadi klo datangnya barengan kemungkinan ada antrean disana. Tp karena loket dibuka lebih pagi dari jam buka, dan kebanyakan yg datang adalah rombongan sehingga cukup 1 orang saja yg antre jadi tidak terlalu masalah. Selain beli tiket ditempat, bisa jg beli via traveloka yg harganya sedikit lebih murah. Di area sebelum pintu masuk disediakan tempat yg cukup luas dan cukup nyaman untuk menunggu jika datang kepagian belum jam buka. Ada official store yg menyediakan suvenir khas disana. Toilet jg cukup bersih, rekomended lah. Disediakan jg kursi2 yg bisa digunakan utk kongkow2 sblm masuk. Sebelum masuk, bagi yg membawa barang bawaan harus melewati meja petugas utk diperiksa dan jika membawa barang2 yg tidak diperbolehkan harus dititipkan di tempat penitipan barang. Termasuk klo membawa makanan tidak boleh dibawa masuk. Saran aja kalo makanannya bisa disembunyikan, mending disembunyikan saja karena harga makanan didalam luar biasa mahal. Di pintu masuk disediakan 5 jalur pemeriksaan tiket, klo pertama pintu dibuka memang antrian banyak banget tapi masih lumayan cepat. Didalam arena disediakan sekitar 35 wahana mulai dari yang ekstrim seperti paku bumi, bengak bengok, lika-liku sampai wahana untuk anak2 seperti komidi kuda laut, safari bocah, atau polah bocah. Ada jg wahana rumah hantu bernama adu nyali. Untuk liburan keluarga cukup pas karena tersedia wahana yg cukup komplit untuk berbagai rentang usia.
Namun dari berbagai wahana yg ada, yg paling mengerikan adalah Daimani. Daimani adalah kependekan dari kedai makan dan minum. Yup, daimani saya anggap sbg wahana yg paling mengerikan karena harga yg ditawarkan wow banget. Semua penjual makanan didalam mulai dari yg konsep kaki lima sampai resto mematok harga yg berlipat dari harga normal, misal aqua botol kecil dingin dijual 10rb, jus jeruk dijual 21rb. Belum makanan olahan yg bisa 2-3 kali lipat dari harga normal.
Konsep penataannya cukup menarik, antar wahana jaraknya juga cukup dekat sehingga jika berpindah-pindah antar wahana tidak terasa ternyata sudah jalan cukup jauh. Yang sedikit kurang nyaman adalah areanya masih cukup gersang, jadi terkesan panas meskipun diwilayah itupun sebenarnya hawanya sudah tidak terlalu panas seperti di Semarang atau Kudus.
 Kondisi arena yang baru menyebabkan pohon2 yang ada juga masih kecil2 dan belum rindang. Dan beberapa sudut arena yang terlihat masih kotor karena wahana belum jadi. 

 Tempat sampah cukup banyak di berbagai sudut, dan sepertinya masyarakat jg sudah mulai sadar menjaga kebersihan. Sehingga tidak banyak terlihat tumpukan sampah. 


 Kesimpulannya, dengan harga tiket 150rb cukup worthed lah. Tp klo bisa tidak usah membawa bayi ya, karena jadi tidak bisa maksimal klo mau main di wahana.

No comments:

Post a Comment