Tempat Wisata dan Kuliner di Salatiga

7/05/2019

Menangkap Keindahan Pelangi Dari Curug Kembar Baladewa Banyubiru

Kabupaten Semarang sebenarnya banyak mempunyai potensi wisata, mulai ari area perkotaan hingga ke pelosok desa, bahkan masih banyak wisata yang belum di ekspos dan diketahui oleh masyarakat.
Dan kali ini kita akan membahas salah satu wisata di kabupaten semarang yaitu Curug Kembar Baladewa, Curug ini terletak di Dusun Krajan Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.

Nama Curug Baladewa sendiri diambil dari Nama Pewayangan yakni Baladewa saudara dari Krisna, Karena Dua Curug Ini Berdampingan atau Berjejeran, maka di sebut Curug Kembar Baladewa.

Curug Kembar Baladewa Mempunyai Tinggi 70 Meter dan yang kedua memiliki tinggi sekitar 50 meter. Jika cuaca sedang cerah di salah satu curug akan menampakan keindahan berupa pantulan cahaya berupa pelangi.
Untuk menuju kesini bukanlah hal yang sulit karena bisa dicapai dari lokasi wisata Bukit Cinta. Tapi ya, memang jalannya blusukan dan menanjak hingga bisa mencapai Desa Wirogomo.

Jika anda dari arah Bukit Cinta ambilah rute menuju ke Magelang melewati Jalan Muncul Raya kemudian masuk ke Jalan Durian. Sesudah bertemu pertigaan, silakan belok kiri melewati Jalan Blimbing Kuring. Kemudian masuk gang ke-4 di sebelah kanan jalan. Lurus terus nanti saat ada persimpangan belok kanan. Ikuti saja jalanan yang ada ya, Lur! Naik-naik ke puncak gunuung...jangan menyerah dengan medan yang ada, hihihi...

Warga dusun disekitar curug sangat ramah,  jadi jangan malu untuk bertanya jika masih bingung. Medan yang akan kamu lalui berupa jalanan beraspal halus, tanjakan, serta tikungan tajam. Jadi, harap berhati-hari ya, Sedulur! Nanti bakal kalian temui gapura sebagai pintu masuk area Curug Kembar Baladewa. Horee!

Tapi, jangan senang dulu, hihihi. Petulangan belum berakhir.
Lokasi parkir dengan lokasi Curug Kembar Baladewa cukup jauh kurang lebih 500 meter dari tempat parkir. Kita masih harus berjalan kaki lagi, Lur hehe. Tapi, pemandangan indah benar-benar menghibur hati dam memanjakan mata kita lho.

Saat menuju ke lokasi curug kita akan melewati jalan setapak dan akan disuguhkan dengan pemandangan berupa pegunungan disekitar Banyubiru dan  hamparan hijaunya persawahan yang luas, tak jarang kamu akan berpapasan dengan warga yang akan pergi atau pulang dari sawah. Mereka senantiasa akan menyapa dengan senyuman dan keramahannya.

Setelah sampai disini pengunjung diperbolehkan untuk mandi dan bermain air disekitar curug ini. Dibawah curug yang sebelah kanan ada kolam kecil yang menampung air. Airnya langsung dari puncak gunung sehingga membuat suasana yang ada disini semakin sejuk ditambah lagi dengan lebatnya pepohonan disekeliling curug ini.

Saat bercengkrama dibawah Curug Kembar Baladewa, waktu terasa begitu cepat berlalu. Datanglah kesini pagi sekitar pukul 09.00 dan pastikan cuaca sedang cerah. Karena kamu akan melihat pemandangan pelangi yang membentang di bawah derasnya aliran air Curug Kembar Baladewa. Oh iya Lur, kalau main ke Banyubiru sekalian mampir ke Candi Dukuh ya, letaknya tak jauh dari curug ini.